IT Legal Instant

Thursday, June 22, 2006

Sedikit Masalah Yang Sering Dialami Programmer

Dalam membantu mempermudah menyelesaikan software yang dikembangkannya, seringkali seorang programmer membutuhkan software-software lain sebagai pendukung. Software-software lain tersebut bisa berupa komponen atau software-software yang sudah dalam bentuk jadi. Sebagai salah satu contoh mudah adalah penggunaan komponen kalender. Dengan adanya komponen kalender ini, seorang programmer tidak perlu susah-susah untuk membuat sendiri program sejenis yang tentu saja akan menambah waktu lebih lama dalam proses pengembangan software yang sedang dikerjakannya.


Dengan adanya software pendukung seperti komponen kalender ini tentu sangat menggembirakan hati para programmer. Berarti waktu pengerjaan bisa dipangkas sekian waktu. Ironisnya, banyak software-software ini memiliki aturan lisensi dalam penggunaannya. Dengan kata lain berbayar. Tentu saja hal ini membuat programmer akan berpikir ulang apakah akan menggunakan komponen tersebut atau tidak. Bagi yang berkantong tebal mungkin bukan masalah tapi bagi yang tidak tentu mau atau tidak mau harus membuat sendiri komponen yang dibutuhkan. Disini waktu akan menjadi masalah kembali. Bisa saja dengan bertindak nakal tetap menggunakan software-software berlisensi yang sudah mengalami proses “cracking” yang dilakukan oleh para cracker sehingga bisa digunakan tanpa memikirkan lisensi. Tentu saja hal ini memiliki konsekuensi hukum jika ketahuan. Software-software hasil “cracking” ini bisa ditemukan di banyak situs “underground”.


Adanya usaha-usaha mulia dari banyak programmer dengan membuat situs-situs berisi informasi programming tutorial sangat membantu memecahkan masalah di atas, terutama untuk programmer pemula. Beberapa diantaranya adalah IlmuKomputer.com
(http://www.ilmukomputer.com) dan Planet-Source-Code.com (http://planet-source-code.com). Dari situs-situs macam ini seorang programmer akan mendapatkan hampir semua informasi yang dibutuhkannya. Selain itu juga akan meningkatkan kemampuan dalam mengembangkan suatu software meskipun informasi yang dicari tidak didapatkan. Efek lain dari adanya situs-situs sejenis seperti disebutkan diatas adalah mengurangi ketergantungan programmer terhadap software-software berlisensi. Akan tetapi dalam kondisi tertentu penggunaan software berlisensi tidak bisa dihindarkan.


Jadi penyelesaian masalah yang timbul ketika proses pengembangan software sedang berlangsung tergantung dari setiap programmer. Setiap langkah yang diambil akan berpengaruh terhadap waktu dan proses pengembangan yang sedang berjalan. (Writer: Andy ADCH, http://adch.blogs.friendster.com/my_blog/)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home